hthtththth. Diberdayakan oleh Blogger.

Pondok Modern Darussalam Gontor Indonesia


            Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) adalah sebuah pondok pesantren yang berdiri di kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Saya harus berbangga hati karena sebuah pondok pesantren yang besar dan terkenal berdiri tepat di kampung halaman saya. Hanya sekitar 15 menit dari daerah kampung halaman saya.

            Pondok pesantren ini mengkombinasikan pesantren dengan metode pengajaran seperti sekolah pada umumnya. Di dalam pondok pesantren ini mewajibkan setiap santrinya untuk berbicara menggunakan bahasa arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Mereka hanya diberi satu bulan untuk bersosialisasi dengan bahasa tersebut. Dan ada satu hal yang menarik dari pondok pesantren ini. Hidup para santri di pondok tersebut diatur oleh sebuah lonceng pengatur waktu yang berdiri di halaman pondok pesantren gontor. Ungkapan kata-kata mutiara "Man Jadda Wajada" (siapa yang bersungguh-sungguh, dia yang akan berhasil) yang merupakan Materi Mahfudzat pertama yang pasti santri dapatkan ketika berada di pondok pesantren gontor.
 

             Peraturan di pondok pesantren ini sangat ketat. Karena kesalahan kecil saja yang dibuat oleh santrinya akan mendapat hukuman yang sangat berat. Hukuman yang paling unik menurut saya adalah dibotak.
Dengan tekad untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan berkualitas, Pondok Modern Darussalam Gontor bercermin pada lembaga-lembaga pendidikan internasional terkemuka. Empat lembaga pendidikan yang menjadi sintesa Pondok Modern Gontor adalah:
  1. Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, yang memiliki wakaf yang sangat luas sehingga mampu mengutus para ulama ke seluruh penjuru dunia, dan memberikan beasiswa bagi ribuan pelajar dari berbagai belahan dunia untuk belajar di Universitas tersebut.
  2. Aligarh, yang terletak di India, yang memiliki perhatian sangat besar terhadap perbaikan sistem pendidikan dan pengajaran.
  3. Syanggit, di Mauritania, yang dihiasi kedermawanan dan keihlasan para pengasuhnya.
  4. Santiniketan, di India, dengan segenap kesederhanaan, ketenangan dan kedamaiannya.

            Tujuan pendidikan Pondok Modern Gontor adalah membentuk pribadi beriman, bertakwa, dan berakhlaq karimah yang dapat mengabdi pada umat dengan penuh keikhlasan dan berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Untuk itu, sejak awal mula berdirinya, Pondok Modern Gontor telah mencanangkan bahwa “pendidikan lebih penting daripada pengajaran”. Secara garis besar, arah dan tujuan pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Gontor adalah: 
1.      Pendidikan Kemasyarakatan
Berbagai macam hal yang akan dihadapi santri di masyarakat, dikenalkan kepada mereka sejak dini. Penugasan adalah salah satu metode pendidikan di Pondok Modern Gontor. Santri tidak hanya diberi ilmu, tapi juga diberi ladang untuk mengaplikasikannya, dengan bimbingan dan pengawasan ketat dari para guru. Bentuk penugasan dan pendidikan kemasyarakatan tersebut tercermin dengan dibentuknya dua organisasi pelajar intern, yaitu:
  •  Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM)
  • Koordinator Gerakan Pramuka Pondok Modern
                  Kedua organisasi itu, bukan hanya penting dalam mendidik santri, tapi bahkan telah menjadi denyut kehidupan santri sendiri. Berbagai kepentingan santri ditangani oleh santri sendiri. Para santri ditempa dalam dua organisasi tersebut dengan sikap disiplin, tanggungjawab, semangat pengabdian dan kebersamaan. Mereka juga dilatih berorganisasi sehingga mampu  menjadi pemimpin yang membawa masyarakat ke arah kemajuan.   
      2.      Kesederhanaan
Pondok Modern Gontor mendidik para santrinya untuk hidup dengan sederhana. Sikap kesederhanaan yang berarti menjalani pola hidup wajar dan tidak berlebihan. Sederhana tidak berarti pasif atau nerimo, tidak juga berarti miskin atau melarat. Justru dalam jiwa kesederhanaan itu terdapat nilai-nilai kekuatan, kesanggupan, ketabahan dan penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup.
                  Kesederhanaan tidak berarti miskin dan tidak berarti mendidik untuk menjadi miskin, bahkan sebaliknya, kesederhanaan memungkinkan santri untuk hidup jujur serta bersih, qanaah, dan sehat secara jasmani dan rohani.  Dibalik kesederhanaan itulah terdapat kekuatan tekad, ketabahan, keuletan, dan rasa prihatin terhadap penderitaan. 
      3.      Tidak Berpartai
Pondok Modern Darussalam Gontor adalah lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi kemasyarakatan apapun. Sehingga para pemuda yang berasal dari latar belakang organisasi apapun dapat menjadi santri Pondok Modern Gontor dan menuntut Ilmu di dalamnya. Bahkan putra-putri dari para tokoh organisasi besar di Indonesia banyak yang menjadi santri Pondok Modern Gontor.
                  KH. Ahmad Sahal, salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor, menegaskan, “Meskipun semua santri dan guru di Pondok ini adalah anak orang Muhammadiyah, Pondok ini tidak akan berubah menjadi Muhammadiyah. Dan meskipun semua santri dan guru di Pondok ini adalah anak orang Nahdhatul Ulama, Pondok ini tidak akan pernah berubah menjadi Nahdhatul Ulama”. 
      4.      Menuntut ilmu karena Allah.
Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki sikap bahwa pendidikan adalah sarana untuk ibadah thalabul Ilmi, dan bukannya sarana untuk memperoleh ijazah sehingga dapat menjadi pegawai. Hal ini tercermin dalam langkah Pondok Modern untuk mendidik santrinya dengan pendidikan berbasis kecakapan mental. Pondok Modern Gontor berkeyakinan bahwa dengan menanamkan mental skill yang kuat, maka para santrinya memiliki jiwa kemandirian yang tinggi. Dengan demikian, Pondok Modern Gontor mendidik santrinya untuk lebih mencintai ilmu. Karena menuntut ilmu merupakan bentuk ibadah kepada Allah.


Dengan demikian, sebagaimana berulang kali ditekankan oleh KH. Imam Zarkasyi selaku pendiri Pondok Modern Gontor, kegiatan pendidikan yang dilaksanakan bukanlah ditujukan untuk mencetak pegawai, tetapi untuk menciptakan para ilmuan yang dapat bergerak di berbagai bidang. Motto yang menjadi nafas pendidikan Pondok Modern Gontor adalah:
  1. Berbudi Tinggi
  2. Berbadan Sehat
  3. Berpengetahuan Luas
  4. Berpikiran Bebas


Referensi:
http://gontor.ac.id/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info