hthtththth. Diberdayakan oleh Blogger.

TUGAS 4 - Bagaimana Cara Mensosialisasikan Koperasi kepada Masyarakat?


Seperti yang telah kita bahas dalam artikel terdahulu, masalah yang dihadapi oleh koperasi dapat diselesaikan salah satunya dengan cara mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Hal tersebut perlu dilakukan supaya masyarakat lebih mengerti dan mengenal koperasi lebih dalam lagi. Baik pengertian, tujuan dan maksud, konsep serta planning atau rencana koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tentunya tidak akan ragu untuk berinteraksi dengan koperasi, baik dalam hal pinjam-meminjam uang bahkan sampai pembelian produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi.
Jika hal itu terjadi, tentunya akan berdampak positif terhadap kemajuan koperasi itu sendiri. Di samping koperasi akan memperoleh laba atau keuntungan yang signifikan, koperasi tentunya juga dapat memajukan dan melebarkan atau meluaskan usahanya, mempertahankan eksistensi, serta dapat bersaing dengan badan usaha lainnya yang kini telah  marak merajai dunia bisnis dan menjadi pesaing berat koperasi.
Sebelum kita membahas mengenai sosialisasi koperasi lebih lanjut lagi, ada baiknya kita perlu mengetahui arti dari sosialisasi itu sendiri. Sosialisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Beberapa sosiolog mengartikan sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat memang tidak mudah. Di samping cara berpikir setiap orang berbeda-beda, masalah lain dalam mensosialisasikan koperasi adalah karena terbatasnya pengurus koperasi. Hal ini adalah hal utama yang harus diperhatikan. Kita membutuhkan pengurus koperasi yang dapat meyakinkan masyarakat untuk bergabung dengan koperasi. Tidak hanya pengurus koperasi yang handal yang dapat mensosialisasikan koperasi dengan ide-ide kreatifnya, namun komitmen koperasi dalam mengambil atau memikat hati masyarakat sangat dibutuhkan. Komitmen yang harus dipegang teguh oleh koperasi adalah bagaimana cara mereka untuk mensejahterakan masyarakat? Untuk mensejahterakan masyarakat itulah kita membutuhkan kepercayaan masyarakat untuk ikut serta bergabung dengan koperasi. Dengan demikian, bukan tidak mudah koperasi dapat merealisasikan tujuan koperasi untuk mensejahterakan masyarakat.
Seperti yang kita ketahui, era globalisasi kini telah merambah masuk ke Indonesia. Dalam era globalisasi seperti ini, sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan pengurus koperasi dalam mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui, dengan adanya era globalisasi ini, perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat kecanggihannya. Mulai dari di dunia maya sampai alat komunikasi yang fiturnya sangat lengkap. Hanya dengan melalui alat komunikasi itu, kita dapat mensosialisasikan koperasi. Banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk mensosialisasikan koperasi. Misalnya Blackberry. Blackberry memiliki fitur BM atau Blackberry Massenger. Dengan BM itu kita dapat mensosialisasikan koperasi dengan mengirimkan pesan singkat kepada pengguna Blackberry lainnya. Dengan hal ini, tentunya info-info mengenai koperasi akan cepat tersebarluaskan kepada masyarakat. Selain BM, aplikasi lain yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel adalah Whatsapp. Cara kerja Whatsapp dengan BM tidak jauh berbeda. Dengan menggunakan Whatsapp kita juga dapat mengirimkan dan menyebarluaskan informasi mengenai koperasi, sehingga penyebarluasan koperasi menjadi lebih mudah dan efisien.
Jika dengan hal tersebut masih kurang memikat minat masyarakat untuk bergabung dengan koperasi, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan promosi. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memasang iklan di televisi, radio, brosur, pamflet, atau internet seperti yang telah saya katakan di atas. Semakin banyak kita melakukan promosi atau iklan, tentunya akan membuat masyarakat lebih mengenal dan mengetahui koperasi. Dengan adanya hal itu, mungkin koperasi akan menjadi buah bibir di masyarakat. Bila hal itu terjadi, tentunya itu akan lebih memudahkan koperasi dalam mensosialisasikan koperasi. Bisa dikatakan hal itu akan membuat koperasi di kenal lebih dalam oleh masyarakat. Masyarakat yang penasaran, akan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai koperasi. Hal itulah yang diharapkan oleh koperasi saat ini.
Melalui media internet kita dapat memanfaatkan jejaring sosial. Jejaring sosial seperti facebook atau twitter kini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya akan memudahkan kita dalam mensosialisasikan koperasi. jejaring tersebut banyak dikunjungi oleh khalayak ramai, hal itu lah yang memudahkan kita mempromosikan dan memperkenalkan koperasi kepada masyarakat.
Selain jejaring sosial, kita juga dapat menggunakan e-mail (electronic mail) sebagai alat untuk mempromosikan koperasi. tidak hanya pesan atau message dari SMS, BM, dan Whatsapp, melalui email kita pun dapat mengirim pesan atau message dalam rangka mensosialisasikan koperasi. Dengan menggunakan e-mail, pesan yang kita sampaikan juga dapat dengan cepat tersebar luas ke masyarakat.
Selain mensosialisasikan koperasi itu sendiri, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memperkenalkan produk-produk koperasi. Minimarket adalah salah satu tempat yang dapat kita gunakan untuk melakukan hal itu. Saat ini dengan mudah kita dapat menjumpai minimarket seperti Indomart, Alfamart, Circle K, dan terakhir yang meramaikan dunia bisnis Indonesia adalah Sevel dan Lawson. Hampir di sepanjang jalan yang kita lewati, kita dapat menjumpai  minimarket tersebut dengan mudah. Melalui minimarket itulah kita dapat dengan mudah mempromosikan produk yang dihasilkan oleh koperasi. Dengan cara tersebut lah kita juga dapat merubah image koperasi yang jadul menjadi koperasi yang lebih modern dan dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga koperasi dapat tetap bersaing di era globalisasi seperti ini.
Mungkin dengan minimarket kita memang lebih mudah mensosialisasikan produk koperasi. Namun tidak hanya itu, yang terpenting adalah kualitas produk itu sendiri. Percuma saja kita memiliki akses yang mudah untuk mensosialisasikan produk, namun kualitas produk rendah. Hal itu tentunya kan lebih menimbulkan citra buruk koperasi. Selain kualitas yang baik, masyarakat juga menginginkan harga yang lebih murah dibandingkan produk yang lainnya. Dengan produk yang berkualitas tinggi dan harga yang lebih murah tentunya akan sangat memikat hati masyarakat untuk membeli produk koperasi tersebut. Oleh karena itu, kita harus menghasilkan produk koperasi yang berkualitas dengan harga yang lebih murah sehingga produk yang dihasilkan oleh koperasi dapat laris terjual sehingga dapat meningkatkan integritas koperasi ke depannya.
Setelah koperasi lebih dikenal oleh masyarakat dan produk yang dihasilkan diminati masyarakat, langkah selanjutnya yang  mungkin dapat dilakukan adalah terjun langsung ke lapangan. Apa maksudnya? Kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara langsung menemui dan memberi pengertian kepada masyarakat. Kita dapat melakukan sosialisasi dengan cara door to door. Kita dapat menjelaskan kepada masyarakat lebih terinci lagi mengenai koperasi dan produknya.
Apa sih yang sebenarnya kita harapkan setelah kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai koperasi? keberhasilan, yaa keberhasilan tentunya. Keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat agar mau bergabung dengan koperasi. keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat untuk cinta dan minat terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi. keberhasilan selanjutnya adalah keberhasilan mengambil kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan dan komitmen koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan koperasi dalam meningkatkan integritas koperasi di masa yang akan datang. Keberhasilan koperasi dalam menyebarluaskan koperasi ke pelosok tanah air, sehingga siapapun termasuk golongan ekonomi rendah dapat bergabung dan merasakan betapa besarnya dampak positif yang dihasilkan oleh koperasi bagi masyarakat dan koperasi itu sendiri.
Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia dan para penerus bangsa mengharapkan koperasi dapat terus eksis dan berjaya di tanah air. Mengapa demikian? Hal itu memang sangat diharapkan karena masyarakat Indonesia masih banyak yang mengalami kekurangan. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, tujuan koperasi adalah untuk mensejahterakan masyarakat. Siapa yang disejahterakan? Tentu saja mereka yang berada dalam golongan kecil, mereka yang kurang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dengan produk yang berkualitas dan harganya lebih murah tadi, diharapakan juga mampu dapat membantu para petani dalam memenuhi kebutuhannya termasuk kebutuhannya sebagai petani yaitu alat-alat pertanian.hal tersebut juga dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh produk yang dibutuhkan. Apabila masyarakat telah percaya dengan produk yang dihasilkan oleh koperasi, tentunya produk dalam negeri akan lebih diminati dibandingkan produk luar negeri. Dengan demikian, pendapatan per kapita negara juga akan bertambah, impor tidak terlalu tinggi, serta akan mengalami surplus karena nilai ekspor tentunya akan lebih tinggi dibandingkan nilai impor. Selain itu, laba dan keuntungan yang didapatkan oleh koperasi akan jauh lebih banyak sehingga dapat memperbaiki kinerja koperasi saat ini menjadi lebih baik lagi.

Referensi :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info