hthtththth. Diberdayakan oleh Blogger.

Hubungan antara Hukum, Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat


Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. Dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih.
Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotle menyatakan bahwa “Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela”.
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti keluarga, rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan, aturan, hukum.
Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan. Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.
Kesejahteraan masyarakat adalah tujuan mengapa negara ini terbentuk. Kesejahteraan masyarakat akan berimbas pada politik, hukum, ekonomi, dan sebagainya. Kesejahteraan masyarakat bisa diartikan sebagai pilar utama dalam bangunan yang bernama negara. Tanpa kesejahteraan masyarakat sebuah negara akan jalan di tempat.
Tingkat kesejahteraan setiap keluarga berbeda-beda tergantung alat pemenuh kebutuhannya. Kalau memang memiliki penghasilan yang cukup tentu akan memenuhi kebutuhan kesejahteraannya dengan taraf yang lebih baik. Masing-masing keluarga memiliki tolok ukur sendiri dalam menentukan kebutuhan akan kesejahteraan ini.
Ada suatu keluarga yang beranggapan bahwa kesejahteraan itu baru bisa di dipenuhi setelah kebutuhan-kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) telah melimpah ruah dimiliki. Dilain pihak ada yang menganggap bahwa kebutuhan kesejahtraan itu merupakan suatu yang harus di jaga keseimbangannya maka meskipun belum memiliki penghasilan yang  berlimpah ruah tetapi sangat perlu untuk memenuhi kebutuhan kesejahteraan.
Misalnya dengan mengadakan piknik keluarga. Piknik tidak harus dilakukan dengan biaya yang tinggi tetapi bisa dilakukan dengan kegiatan yang memiliki corak berbeda dengan kesehariannya. Sehingga dengan picnic dapat mengurangi rasa kebosanan atau jenuh pada pekerjaan. Warga yang berpendirian semacam inilah yang kadang menjadi sorotan masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar menilai bahwa penghasilannya masih kurang atau pas-pasan tetapi selalu ada kegiatan diluar yang menghabiskan banyak uang.
Pola konsumsi juga merupakan salah satu penyebab kepekaan masyarakat terhdap lingkungan. Bagi warga masyarakat yang memiliki pola konsumsi tinggi maka akan menghasilkan sampah-sampah disekitarnya, dimana sampah tersebut kadang tidak bisa dimusnahkan untuk beberapa puluh tahun.
Sebagai contoh sampah plastik. Plastik meskipun sampai lima puluh tahun tetap saja akan menjadi plastik tidak akan lebur dengan tanah. Hal  ini kalau sering terjadi dalam pembuangan sampah disembarang tempat atau membuang sampah plastik dengan cara ditanam, maka akan mengurangi tingkat kesuburan tanah.
Kesejahteraan masyarakat dengan ekonomi memiliki hubungan. Hubungan antara ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yaitu ekonomi merupakan tujuan masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhannya, dan apabila pada suatu wilayah atau negara tertentu pertumbuhan ekonominya dikategorikan bagus maka tingkat pendapatan wilayah tersebut baik karena masyarakat merasakan kesejahteraan ekonomi, yaitu masyarakat dapat memenuhi kebutuhan kehidupannya.
 Selain dengan ekonomi, kesejahteraan masyarakat juga memiliki hubungan dengan hukum. Hubungan antara hukum dan kesejahteraan masyakat yaitu hukum ialah aturan atau tata tertib yang berlaku. Apabila hukum tersebut berjalan secara adil maka masyarkat akan merasakan keadilan yang sebenarnya dan mereka akan merasakan kesejahteraan yang sebenarnya bilamana hukum tersebut berjalan secara adil.

Referensi :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info