hthtththth. Diberdayakan oleh Blogger.

O'clen Biotech


            Apa sih o’clean biotech itu? Apakah kalian pernah mendengar atau pernah membacanya di suatu tempat? Jika kalian bilang ‘tidak’, itu wajar saja. Kenapa saya bilang begitu? Karena o’clean biotech adalah sebuah wacana yang kami buat untuk mengikuti UG Economic Competition ‘Business Challange’ yang diadakan oleh kampus kami.


            Setiap tahunnya BEM FE kampus kami yaitu Universitas Gunadarma selalu menyelenggarakan acara seperti seminar-seminar dan lomba. Tetapi bukan lomba balap karung atau lomba makan kerupuk ya hehehe. Dan tahun ini BEM FE mengadakan lomba atau UG Economic Competition yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu Business Challange. Business Challange adalah tantangan untuk membuat sebuah bisnis yang memiliki produk yang kreatif, inovatif, dan tentunya berbeda dari yang lainnya yang sudah ada.
             Nah, sekarang pasti kalian pengen tahu dong kenapa kita memberi nama o’clean biotech untuk bisnis kami? Saya dan kedua teman saya, Emi Diawati dan Agus Hadi Muhidin memutuskan untuk memilih nama tersebut karena sesuai dengan produk yang akan kami tawarkan. Sebenarnya nama ini dicetuskan pertama kali oleh teman saya Agus Hadi Muhidin.


            Apa arti o’clean biotech? O adalah singkatan dari ‘one’ yang dalam bahasa Inggris berarti satu. Kenapa satu? Karena kami ingin menjadi satu-satunya bisnis yang sukses dalam bidang ini. Selain itu, seperti yang kita ketahui o itu berbentuk bulat atau lingkaran yang tidak memiliki ujung. Seperti yang kami harapkan untuk bisnis kami ini ke depannya selalu berputas terus dan tidak ada matinya serta terus berkembang.
            Selanjutnya adalah clean. Dalam bahasa Inggris, clean berarti bersih. Kami memilih nama itu karena bisnis kami ini bergerak dalam bidang kebersihan. Eits, tapi bukan jadi tukang sapu jalanan lho hehehe. Untuk lebih jelasnya nanti akan saya jabarkan tentang produk yang akan kami tawarkan.
            Dan yang terakhir adalah biotech. Yang dimaksud biotech di sini adalah ramah lingkungan. Karena apa? Karena produk yang kami tawarkan adalah produk yang ramah lingkungan.
            Sekilas tadi mengenai nama bisnis yang kami pilih untuk bisnis kami. Udah ada yang tahu atau punya pandangan belum bisnis kami ini bergerak dalam bidang apa? Penasaran kan? Lanjut aja deh langsung saya jelaskan.
            O’clean biotech adalah bisnis kami yang bergerak dalam bidang jasa penyewaan toilet, baik toilet mobile maupun toilet portable. Nah di sini lah letak perbedaan produk kami dibangdingkan dengan produk lainnya. Produk kami terbuat dari bahan fiberglass yang ramah lingkungan dan ditambah lagi dengan fasilitas yang lengkap. Dengan hal tersebut pasti akan menjamin kenyamanan konsumen. Tidak itu saja. Yang paling penting adalah limbah yang dihasilkan oleh produk kami yaitu limbah kotoran manusia tidak semata-mata dibuang begitu saja yang tentunya akan mencemarkan lingkungan. Limbah tersebut nantinya akan kami olah lebih lanjut menjadi pupuk organik dan bio gas. Itu kami lakukan semata-mata untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran lingkungan yang makin lama makin parah saja.
            Bisnis kami bisa dibilang mempunyai peluang yang besar. Menurut sumber yang kami baca, jasa penyewaan toilet di Indonesia baru sekitar 1.000 unit, masih sangat sedikit bila dibandingkan dengan Singapura yang sudah mencapai 20.000 unit. Sudah jelas terlihat bukan betapa besarnya peluang bisnis kami ini.
            Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah tingkat pengembalian investasinya atau payback period. Bisnis kami ini  bisa dibilang sebagai salah satu bisnis yang tingkat pengembalian investasinya tidak terlalu lama. Berdasarkan estimasi biaya yang kami lakukan, tingkat pengembalian investasinya hanya sekitar 6 bulan saja. Sangat cepat bukan? Bagaimana tidak? Dengan pesaing yang masih sangat sedikit dan ditambah dengan peluang yang besar serta produk yang dapat diandalkan, rasanya hal itu memang tidak sulit dan mungkin saja terjadi.
            Dalam setiap mengambil keputusan pasti ada resikonya. Begitu pula dalam pengambilan keputusan untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis, pasti banyak tantangan dan rintangan yang menghadang. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sama halnya dengan bisnis kami ini. Modal yang dibutuhkan untuk merealisasikan wacana itu sangat besar. Investasi awalnya saja diperkirakan mencapai Rp 200.000.000an, belum ditambah lagi dengan  biaya-biaya lainnya.
            Tidak hanya modal yang besar, hambatan untuk bisnis kami ini masih seputar mengenai paradigma masyarakat yang rendah mengenai buang air sembarangan. Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa buang air sembarangan itu lumrah. Mungkin untuk sebagian orang, buang air sembarangan adalah hal atau perilaku yang jorok. Namun tidak memungkiri dari sekian ratus juta orang di Indonesia pasti ada yang suka buang air sembarangan. Sebagai contoh, saat kita berjalan menelurusi kota Jakarta ini apakah kalian pernah tiba-tiba mencium bau pesing yang cukup menyengat? Pasti pernah bukan? Dan itu sangat mengganggu kenyamanan masyarakat. Hal itu lah yang mendasari kami untuk mendirikan bisnis ini.
            Menahan buang air memang tidak baik. Seperti sumber yang kami baca, seorang pria yang menahan buang air kecil harus dilarikan ke rumah sakit dan menelan biaya sekitar Rp 120.000.000. Tetapi hal ini bukan alasan untuk kalian buang air sembarangan. Karena kami, o’clean biotech siap membantu memecahkan masalah kalian dan siap menjadi solusi kenyamanan toilet publik yang ramah lingkungan dan memenuhi kenyamanan konsumen :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info